SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH KALURAHAN CERME KAPANEWON PANJATAN

Artikel

PELATIHAN DESA TANGGUH BENCANA

09 September 2019 12:04:44  Administrator  1.380 Kali Dibaca  Berita Desa

DESA TANGGUH BENCANA DESA CERME

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan sosialiasi Desa Tangguh Bencana (Destana) tsunami bersama tim ekspedisi dan telah menyasar 512 desa di 24 kabupaten/kota. Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat lebih siap dalam menghadapi bencana tsunami.

BPNB sebagai lembaga negara yang bertugas untuk mengoordinasikan upaya penanggulangan bencana, membuat langkah untuk melindungi masyarakat berisiko yang berada di desa/kelurahan tersebut. Ekspedisi ini juga melibatkan lima unsur (pentahelix), yaitu pemerintah, akademisi, masyarakat, lembaga usaha, dan media.

Ekspedisi ini terbagi dalam empat segmen, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Banten, yang masing-masing segmen diikuti 200 orang. Dari target 518 desa, hanya tercapai 512 desa yang berhasil disosialisasikan tentang kesiapsiagaan dan potensi tsunami.

Mulai hari Rabu, 04 September 2019 Pemerintah Desa Cerme selama 7 hari kedepan mengikuti sosialisasi dan pelatihan Desa Tangguh Bencana (Destana). Pelatihan ini diikuti oleh Pamong beserta staf, Seluruh Dukuh, sebagian Anggota BPD, sebagian Anggota PKK, dan sebagian Anggota Karangtaruna.

Diketahui, ada 600 ribu lebih masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana tsunami. Fakta Tim Destana di lapangan menemukan tingkat kesiapsiagaan cukup baik bagi daerah yang sudah pernah mengalami tsunami, namun yang belum mengalami tsunami masih banyak yang belum paham dan tidak tahu kemana harus melakukan evakuasi.

Dalam sosialisasi dan pelatihan ini memberikan wawasan baru khususnya untuk di sosialisasikan kepada warga melalui Dukuh dan seluruh anggota yang mengikuti acara tersebut. Sebagai contoh wilayah yang terpapar gelombang tinggi (tsunami) di perkirakan mencapai area 4 Km dari bibir pantai, titik kumpul wilayah Desa  Cerme yaitu di Lapangan Desa Cerme, dan pengetahuan baru lainnya mengenai bencana.

Titik kumpul ini menjadi sangat penting dikarenakan apabila terjadi bencana misalkan Tsunami, Banjir, Gempa Bumi, Gunung Meletus, dll, menjadi titik tuju bagi para relawan ataupun tim evakuasi. Salah satu hal mendasar yang dapat di tuangkan dalam artikel Web Desa ini adalah bagi para pembaca dapat membantu untuk menuju titik kumpul apabila terjadi suatu bencana di wilayahnya.

Selanjutnya, kegiatan ini akan dilanjutkan menjadi KKN tematik Destana dan bekerjasama dengan perguruan tinggi. Selain itu, ada dua buku mengenai tulisan ekspedisi dan foto perjalanan ekspedisi untuk berbagi pengetahuan kepada masyarakat lain.

Semoga bermanfaat.,

ttd Pemdes Cerme 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Kantor Desa
Alamat : JALAN KASATREAN-PANJATAN KM 4 CERME, PANJATAN, KULON PROGO
Kalurahan : CERME
Kapanewon : Panjatan
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55655
Telepon : 0
Email : cermedesa@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:24
    Kemarin:41
    Total Pengunjung:45.799
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.157.61.194
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID