You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan CERME
Kalurahan CERME

Kap. Panjatan, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH KALURAHAN CERME KAPANEWON PANJATAN

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kalurahan untuk Perencanaan Kalurahan TA 2025

Administrator 03 September 2024 Dibaca 8 Kali
Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kalurahan untuk Perencanaan Kalurahan TA 2025

            Jumat (30/8), Pemerintah Kalurahan Cerme menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kalurahan untuk Perencanaan Kalurahan Tahun Anggaran 2025. Kegiatan ini dihadiri oleh Lurah kalurahan Cerme beserta seluruh pamong, Perwakilan dari Kapanewon, Anggota BPK, Bhabinkamtibmas, LPMK, TPKK, dan Tim Penyusun RKP.

        Musrenbang Kalurahan adalah forum musyawarah perencanaan pembangunan yang diadakan di tingkat kalurahan untuk menyusun rencana anggaran dan kegiatan pada tahun berikutnya. Dalam praktiknya, Musrenbang dilaksanakan untuk memilah kegiatan hasil Musdes dan program kegiatan yang diusulkan untuk menetapkan prioritas, program, kegiatan, dan kebutuhan pembangunan Kalurahan. Hasil kesepakatan dari Musrenbang akan ditetapkan menjadi program kegiatan dalam Rencana Kerja Pemerintah Kalurahan (RKP) tahun selanjutnya.

       Pada kesempatan ini, Carik Cerme, Iin Widyanti memaparkan rencana pembangunan kalurahan di lima bidang pembangunan yaitu Penyelenggaraan Pemerintahan, Pelaksanaan Pembangunan, Pembinaan Kemasyarakatan, Pemberdayaan Masyarakat, serta Penanggulangan Bencana, Darurat, dan Mendesak. Kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi, beberapa peserta menyampaikan aspirasi dan usulan mengenai pembangunan yang diinginkan di wilayah kalurahan. Usulan-usulan tersebut kemudian akan dipertimbangkan oleh pemerintah kalurahan dalam penyusunan RKP tahun 2025.

      Penyelenggaraan Musrenbang ini dilakukan sebagai upaya proses penjaringan aspirasi yang yang dimulai dari Musyawarah Dusun, Musyawarah Kalurahan, serta memperhatikan Hasil evaluasi pelaksanaan pembangunan pada tahun sebelumnya yang selanjutya disinergikan dengan prioritas pembangunan dengan tujuan peningkatan kualitas hidup, kesejahteraan masyarakat, serta pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya dalam rangka mencapai tujuan pembangunan Kalurahan. (VD)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image